PENJUALAN RUMAH ANJLOK DI Q1-2016, BOGOR TUMBUH LEBIH TINGGI DARI BEKASI

BAGAIMANA PROSPEK DI MASIING-MASING WILAYAH?

Terpatahkannya tren kenaikan penjualan di triwulan sebelumnya menggambarkan bahwa pasar perumahan masih belum dapat bergerak stabil. BI Rate yang berada di level 6,75% belum dapat mengangkat daya beli masyarakat, menyusul suku bunga KPR perbankan yang belum juga kunjung turun.

Berdasarkan riset yang dilakukan terhadap proyek-proyek perumahan di wilayah studi Jabodebek-Banten, diperlihatkan nilai penjualan di triwulan I/2016 mengalami penurunan sebesar  -23,1% (qtq) dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 55,75% (qtq) menjadi sebesar Rp 1.247.040.823.235 bahkan nilai ini masih lebih rendah -54,09% (yoy) dibandingkan triwulan yang sama tahun sebelumnya.

Penurunan ini sejalan dengan prediksi Indonesia Property Watch pada triwulan sebelumnya yang mengungkapkan bahwa kenaikan penjualan yang terjadi pada triwulan IV/2015 belum dapat dijadikan pola tren kenaikan pasar perumahan di triwulan berikutnya.

Hampir semua wilayah mengalami penurunan nilai penjualan dengan segmen menengah masih menguasai tingkat penjualan sebesar 52,19% dibandingkan dengan segmen besar 28,27% dan kecil 19,54%. Berbeda dengan komposisi segmen besar yang sempat mendominasi penjualan pada triwulan sebelumnya.

Wilayah Bogor

Hal menarik terjadi dalam perkembangan penjualan di triwulan I/2016 di wilayah Bogor sebagai wilayah satu-satunya yang mengalami kenaikan yaitu sebesar 11,8%, khususnya di segmen menengah yang naik mencapai 70,3%. Dampak rencana pembangunan jalur LRT dari Cibubur ke Cawang mulai terasa di wilayah ini termasuk jalur Cimanggis.

Wilayah Bekasi

Penjualan di Bekasi secara nilai mengalami penurunan -6,2% setelah pada triwulan sebelumnya mengalami kenaikan cukup tinggi. Namun demikian penurunan ini relatif tidak menggambarkan kondisi tren pasar yang menurun di Bekasi. Hal ini juga tergambar dengan naiknya harga rumah dan harga tanah di beberapa titik perumahan. Arah pergerakan pasar perumahan diperkirakan masih mengarah ke Bekasi Timur arah Cikarang, dan Bekasi Utara.  Perbaikan infrastruktur pun masih menjadi faktor pendukung berkembangnya pasar perumahan di wilayah ini.

Wilayah Serang - Cilegon

Terjadi kenaikan harga rumah dan tanah di proyek ini meskipun relatif mengalami penurunan penjualan dibandingkan triwulan sebelumnya. Selain itu pasar perumahan di wilayah Serang yang sebagian besar merupakan rumah segmen kecil juga mengalami penurunan penjualan, meskipun demikian terjadi peningkatan dalam pembangunan rumah segmen kecil. Potensi perumahan menengah bawah cukup baik.

Wilayah Depok

Meskipun relatif terjadi kenaikan harga rumah di wilayah Depok, namun tingkat penjualan masih dirasakan menurun. Namun demikian dengan rencana beberapa ruas tol yang masih belum selesai membuat pertumbuhan harga tanah di Depok masih harus menunggu waktu. Beberapa pengembang telah mulai serius menggarap wilayah Depok karena prospeknya yang cukup baik khususnya dengan rencana infrastuktur yang ada, khususny wilayah Sawangan dan Cimanggis.

Selain itu juga untuk wilayah Cimanggis diprediksi akan mulai menunjukkan pergerakan sejalan dengan banyaknya rencana pembangunan di wilayah ini termasuk pembangunan apartemen yang dapat mendongrak harga tanah. Beberapa pengembang telah mulai serius menggarap wilayah Depok karena prospeknya yang cukup baik khususnya dengan rencana infrastuktur yang ada.

Wilayah Tangerang

Penurunan penjualan di Tangerang terjadi khususnya di hampir semua segmen. Meskipun demikian pergerakan pasar relatif terjadi ke arah Balaraja dan ke arah Parung serta sebagian ke arah Rajeg. Kenaikan harga pun mulai terlihat meskipun relatif masih tipis khususnya di segmen kecil dan menengah.

 

Indonesia Property Watch
Ali Tranghanda

Add comment


Security code
Refresh

Golden Property Award

 

Golden Property Award

Mochtar Riady founder Lippo Group

Mochtar Riady founder Lippo Group

Selasa, 16 Juni 2015 tim Majalah Property and The City dan Indonesia Property Watch diterima oleh Bapak Mochtar Riady founder...
Read more...

Profesional Testimonials

Indra W. Antono

Indra W. Antono

Bersumber dari kajian pengalaman dan pemikiran yang mendalam, Penulis...
DR. Ir Panangian Simanungkalit

DR. Ir Panangian Simanungkalit

Buku ini ditulis berdasarkan pengalamannya sebagai analisis properti...
Rudy Margono,MBA

Rudy Margono,MBA

Ide dan pemikiran praktis dalam buku ini sangat bermanfaat dan siap...

PENGADUAN PROPERTI

Dalam upaya untuk mewujudkan pasar properti nasional yang sehat, kepada konsumen yang merasa dirugikan atau mendengar informasi mengenai pengembang nakal, silakan mengirim email kepada Indonesia Property Watch di konsumenproperti@yahoo.co.id

Our Partners

Satisfication of This Website